Image Alt

Terms & Conditions

Syarat dan Ketentuan Berlangganan Turbo Internet


Ketentuan Umum
Turbo Internet adalah merek dagang produk layanan Internet Broadband yang diciptakan, dimiliki, dikuasai dan dikelola sepenuhnya oleh PT. Artorius Telemetri Sentosa. Dioperasikan sepenuhnya oleh PT. Artorius Telemetri Sentosa (Artorius) beserta perusahaan atau perusahaan – perusahaan partner bisnis Artorius.

Syarat dan Ketentuan berikut berlaku untuk pengguna perseorangan (‘Pelanggan’) di perumahan atau apartemen atau Rumah Toko (Ruko) atau Rumah Kantor (Rukan) maupun jenis hunian dan atau jenis tempat usaha lainnya yang menggunakan layanan Turbo Home atau Turbo SOHO (‘layanan’). Syarat dan Ketentuan berikut berlaku untuk pengguna perseorangan (‘Pelanggan’) di perumahan atau apartemen atau Rumah Toko (Ruko) atau Rumah Kantor (Rukan) maupun jenis hunian dan atau jenis tempat usaha lainnya yang menggunakan layanan Turbo Home atau Turbo SOHO (‘layanan’).

Pelanggan mengetahui bahwa layanan Turbo Home dan Turbo SOHO merupakan layanan internet broadband dengan kapasitas bandwidth up to (arti kata up to adalah sampai dengan atau hingga), yang mempunyai arti bahwa kecepatan koneksi internet bisa fluktuatif dan bukan merupakan layanan internet dedicated. Layanan Turbo Internet diberikan dengan jaminan kecepatan minimum 10 Mbps, jaminan kestabilan kecepatan, jaminan layanan tanpa gangguan dimana layanan dapat diakses secara bersamaan oleh semua Pelanggan tanpa pengaturan, alokasi atau prioritas tertentu. Kecuali pada produk tertentu yang diberikan fasilitas khusus oleh Turbo Internet.

Layanan internet dedicated adalah layanan koneksi internet dengan ukuran kecepatan dan kestabilan layanan yang dijamin secara penuh sesuai dengan yang tertera pada kontrak layanan antara Pelanggan dengan Turbo Internet. Hanya Pelanggan internet dedicated yang berhak melakukan keluhan apabila ukuran besaran bandwidth tidak sesuai (atau kecepatan internet menurun) dan juga berhak mendapatkan akses untuk melihat beban traffic upload maupun download dari perangkat router yang terpasang di lokasi Pelanggan tersebut melalui sarana halaman website khusus MRTG (Multi Router Traffic Grapher) milik Turbo Internet.

Syarat dan Ketentuan ini berlaku efektif setelah Pelanggan melakukan centang / cawang pada kolom yang disediakan pada saat mengisi formulir registrasi online atau saat pegawai layanan melakukan pengisian formulir registrasi baik secara online ataupun offline atas persetujuan Pelanggan baik secara tertulis atau secara lisan. Persetujuan Pelanggan tersebut diperkuat dengan ditanda-tanganinya formulir hardcopy pendaftaran diatas materai Rp. 6.000.

Pihak Turbo Internet memiliki hak secara penuh untuk menolak permohonan berlangganan ini tanpa penjelasan apapun.

Registrasi Layanan
Pola perhitungan setiap produk Turbo Internet pada bulan pertama tagihan menggunakan metoda prorata / prorate yang dihitung sejak tanggal aktif layanan. Proses kegiatan internal Turbo Internet untuk pengaktifan layanan pada sisi lokasi pelanggan tidak dihitung. Contoh: Tanggal aktif layanan adalah tanggal 18 November maka pihak Turbo Internet akan mengenakan biaya layanan bulan pertama dengan cara biaya bulanan produk yang dipilih dibagi 30 lalu dikalikan dengan jumlah hari menuju tanggal akhir bulan. Biaya bulanan sebesar Rp. 399.000 dibagi 30 (jumlah hari pada bulan November) yaitu Rp. 13.300 per hari. Lalu Rp. 13.300 dikalikan 12 hari yaitu Rp. 159.600. Jadi nilai tagihan bulan pertama sebesar Rp. 159.600. Biaya tagihan bulan pertama tersebut belum termasuk biaya instalasi produk layanan, biaya kurir (bila pelanggan memilih untuk menerima tagihan secara hardcopy), biaya materai dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10%.

Upgrade Layanan
Bila Pelanggan merasa ingin untuk melakukan upgrade / menaikkan produk layanan, Pelanggan akan dikenakan biaya instalasi dengan jumlah selisih dari layanan yang akan dipilih dikurangi layanan yang sedang aktif dan pembaharuan kontrak layanan.
Contoh: Pelanggan ingin upgrade dari Turbo Home ke Turbo SOHO maka biaya instalasi Turbo SOHO (pada saat itu) dikurangi biaya instalasi Turbo Home (yang sudah dibayar lunas).

Downgrade Layanan
Perubahan layanan dari Turbo SOHO menjadi Turbo Home dan sebaliknya yang mengakibatkan penurunan biaya bulanan akan dikenakan biaya perubahan layanan 1 (satu) kali sebesar Rp 500.000 dan pembaharuan kontrak layanan. Pelanggan Turbo Internet akan dikenakan biaya bulanan dan biaya pemasangan sesuai dengan yang tertera pada Formulir Berlangganan Turbo Internet atau yang tertera di situs resmi Turbo Internet yaitu http://turbo.net.id

Masa Tenggang Layanan
Setiap produk Turbo Internet memiliki masa tenggang selama 14 (empat belas) hari berlaku setelah jatuh tempo masa aktif. Apabila melewati masa tenggang Pelanggan tidak melakukan pelunasan pembayaran, Pelanggan akan diingatkan oleh pihak Turbo Internet untuk melunasi tunggakan melalui email atau SMS atau aplikasi Whatsapp. Apabila sampai dengan hari ke 30 (tiga puluh) setelah jatuh tempo masa aktif Pelanggan masih juga belum melakukan pelunasan tagihan maka secara sepihak Pelanggan dinyatakan melakukan terminasi dan perangkat apapun yang dipinjamkan beserta tiang penyangga dan perlengkapan yang menempel pada tiang milik Turbo Internet akan ditarik kembali oleh pihak Turbo Internet. Layanan akan dilanjutkan oleh Turbo Internet apabila Pelanggan telah melunasi tunggakannya.

Bonus dan Kebutuhan Instalasi Layanan
Pelanggan mengetahui bahwa untuk layanan Turbo Internet dengan bonus kabel UTP-Cat 5e kabel data / kabel jaringan komputer) sepanjang 5 (lima) meter dan pipa penyangga antenna 1 (satu) meter. Apabila instalasi memerlukan kabel tambahan, Pelanggan harus membeli tambahan kabel dan pipa. Biaya yang timbul bila ada perlengkapan lain yang timbul bila ada perlengkapan lain yang diperlukan pada instalasi tersebut menjadi tanggung jawab Pelanggan.

Masa Kontrak & Terminasi Layanan
Pelanggan menyatakan bahwa layanan memiliki kontrak berlangganan selama minimal 12 (dua belas) bulan untuk perumahan atau apartemen atau Rumah Toko (Ruko) atau Rumah Kantor (Rukan) maupun jenis hunian dan atau jenis tempat usaha lainnya. Apabila Pelanggan melakukan terminasi layanan sebelum habis masa kontrak, Pelanggan dikenakan biaya terminasi sebesar Rp 1.000.000 (satu juta rupiah).

Metoda Pembayaran dan Rincian Tagihan
Pelanggan mengetahui bahwa seluruh layanan Turbo Internet adalah merupakan layanan dengan system pembayaran dimuka. Untuk berlangganan Turbo Internet, Pelanggan wajib melakukan transfer pembayaran layanan terlebih dahulu dengan nilai transfer sesuai dengan produk yang dipilih ditambah biaya PPN 10% dengan masa layanan selama 1 (satu) bulan. Pihak Turbo Internet membutuhkan waktu maksimal 7 (tujuh) hari untuk mengaktifkan layanan tersebut. Bila pihak Turbo Internet membutuhkan waktu tambahan, maka pihak Turbo Internet akan menginformasikan hal tersebut kepada calon Pelanggan melalui email atau aplikasi WhatsApp.
Pelanggan menyetujui bila Turbo Internet menambahkan biaya ongkos kirim sebesar Rp. 10.000 (sepuluh ribu) setiap kali Turbo Internet mengirimkan tagihan dalam bentuk hardcopy bermeterai. Persetujuan ini didapatkan oleh Turbo Internet sewaktu Pelanggan melakukan centang pada kotak Jasa Kurir pada dokumen Formulir Berlangganan pada kolom Metode Pengiriman Tagihan Bulanan. Namun, biaya jasa kurir tersebut menjadi hilang atau gratis apabila Pelanggan memilih untuk menerima tagihan dalam bentuk email (electronic mail atau surat elektronik).
Pelanggan menyetujui bila Turbo Internet menambahkan biaya materai sebesar Rp. 3.000 atau Rp. 6.000 (berdasarkan pada peraturan perpajakan yang berlaku) setiap kali Turbo Internet mengirimkan tagihan dalam bentuk hardcopy bermeterai.

Rincian Nota
Berikut ini adalah cara hitung tagihan bulan pertama pada Pelanggan Baru:
Biaya bulanan produk layanan (menggunakan system prorata) + biaya instalasi produk layanan tersebut + PPN 10% + biaya Kurir (apabila Pelanggan memilih untuk menerima tagihan dalam bentuk hardcopy) + biaya Materai. Contoh: Rp. 399.000 (biaya bulanan produk layanan yang dipilih) + Rp. 1.250.000 (biaya instalasi produk layanan yang dipilih) + PPN 10% + Rp. 10.000 biaya kurir (apabila Pelanggan memilih untuk menerima tagihan dalam bentuk hardcopy) + Rp. 3.000 (biaya Materai).
Pada bulan kedua dan seterusnya: Biaya bulanan produk layanan + PPN 10% + biaya Kurir (apabila Pelanggan memilih untuk menerima tagihan dalam bentuk hardcopy) + biaya Materai (tanpa biaya instalasi). Contoh: Rp. 399.000 (biaya bulanan produk layanan yang dipilih) + PPN 10% + Rp. 10.000 biaya kurir (apabila Pelanggan memilih untuk menerima tagihan dalam bentuk hardcopy) + Rp. 3.000 (biaya materai).

Penggunaan Nama Badan Usaha
Pelanggan mengetahui dan menyetujui bahwa biaya layanan Turbo Internet dapat dibebankan kepada badan usaha berbentuk PT atau CV dengan memberikan informasi nama badan yang bersangkutan kepada Personel Sales atau dengan menghubungi Turbo Internet pada nomor call center 031 6020 6580 atau nomor Whatsapp 0811 349 138 dan atau melalui email cs@turbo.net.id sebelum Pelanggan melakukan pembayaran.
Apabila pembayaran dilakukan sebelum melakukan perubahan nama, maka pembayaran tersebut akan tetap kami terima atas nama Pelanggan yang terdaftar sebelumnya.
Pelanggan mengetahui bahwa penggunaan nama badan usaha tersebut sudah diinformasikan kepada pihak Turbo Internet sewaktu pelanggan melakukan pendaftaran. Pelanggan juga menyetujui biaya sebesar Rp. 250.000 apabila melakukan perubahan penggunaan nama badan usaha dari penggunaan nama pribadi.

Produk dan Fasilitas Turbo Internet
Biaya, fitur dan/atau produk layanan yang berlaku dapat dilihat di situs resmi Turbo Internet dan dapat berubah sewaktu-waktu. Fitur dan privilege / fasilitas yang diberikan kepada Pelanggan Turbo SOHO dan atau Pelanggan produk lainnya sebagai bonus layanan memiliki variasi atau jumlah atau formasi dan atau metoda yang tidak terikat. Pihak Turbo Internet memiliki hak penuh untuk memberikan fasilitas khusus pada siapapun tanpa perlu memberikan penjelasan pada pihak lain.

Metoda Internet Protocol
IP (Internet Protocol) yang diberikan untuk layanan Turbo Home adalah IP Private DHCP.

Mutu Layanan Pada Lokasi Pelanggan
Pelanggan mengetahui bahwa kualitas layanan yang diterima tergantung pada perangkat layanan dengan perangkat penerima, baik secara langsung atau tidak langsung. Pelanggan juga menyetujui untuk tidak melakukan penggantian atau perubahan konfigurasi pada setiap perangkat milik Turbo Internet yang berada di lokasi Pelanggan. Hal tersebut juga meliputi untuk tidak melakukan pemindahan atau penggeseran baik tiang maupun perangkat Antena Outdoor Wireless device yang terpasang di lokasi Pelanggan yang dapat mengakibatkan berubahnya mutu layanan.

Tata Cara Perpindahan Lokasi
Apabila Pelanggan merasa perlu untuk melakukan pemindahan pada perangkat-perangkat tersebut maka Pelanggan setuju untuk meminta pihak Turbo Internet untuk melakukan pemindahan tersebut dengan biaya 1 (satu) kali sebesar Rp. 500.000 (lima ratus ribu rupiah) apabila area pemindahan tersebut didalam cakupan layanan Turbo Internet.

Dukungan Teknis
Dukungan teknis yang dicakup adalah normalisasi mutu link wireless ke arah perangkat outdoor radio yang berada pada lokasi layanan dan penggantian perangkat pendukung layanan Turbo Internet (perangkat outdoor radio atau indoor wireless router) secara gratis. Pelanggan berhak memperoleh dukungan teknis dari Turbo Internet yang dapat dihubungi selama jam kerja (Senin sampai Jumat mulai pukul 09:00 sampai 00:00 WIB dan Sabtu mulai pukul 09:00 sampai 17:00 WIB) ) terkait dengan layanan melalui call center 031 6020 6580, melalui aplikasi Whatsapp resmi Turbo Internet pada nomor 0811 349 138 atau melalui email Customer Service dengan alamat cs@turbo.net.id. Turbo Internet tidak memberikan dukungan non teknis dalam bentuk apapun kepada pelanggan.

Jenis gangguan yang akan kami kenakan biaya kunjungan tercantum pada Tabel Biaya Kunjungan.

Nama Tabel: Biaya Kunjungan

Jenis Kegiatan Jumlah
unit
Biaya
(Rupiah)
Keterangan
Crimping Ulang (per konektor UTP) 1 50.000 1. Disebabkan oleh perilaku Pelanggan berdampak pada kerusakan atau terlepas pada konektor kabel UTP.
2. Disebabkan oleh permintaan Pelanggan atas kebutuhan Pelanggan sendiri dimana hal ini tidak termasuk dalam bonus gratis pada biaya instalasi.
3. Dihitung setiap titik crimping (biaya tersebut sudah termasuk unit konektor UTP-Cat 5e)
Penarikan ulang kabel UTP Cat 5e maupun kabel listrik 1 12.500 1. Disebabkan oleh perilaku Pelanggan berdampak pada kerusakan atau terlepas pada konektor kabel UTP.
2. Disebabkan oleh permintaan Pelanggan atas kebutuhan Pelanggan sendiri dimana hal ini tidak termasuk dalam bonus gratis pada biaya instalasi.
3. Dihitung setiap titik crimping (biaya tersebut sudah termasuk unit konektor UTP-Cat 5e)
4. Disebabkan oleh serangan hama tikus dan atau gangguan lainnya.
5. Dihitung per meter lari.
6. Belum termasuk biaya transportasi ke lokasi Pelanggan sebesar Rp. 25.000 untuk setiap kali kunjungan.
Konfigurasi ulang Wireless Router atau konfigurasi perangkat jaringan lainnya 1 250.000 1. Dihitung setiap perangkat wireless router atau wireless access point dan atau wireless extender /expander.
2. Sudah termasuk biaya transportasi ke lokasi Pelanggan untuk setiap kali kunjungan.
Memindahkan posisi wireless router 1 250.000 1. Dihitung setiap perangkat wireless router atau access point atau wireless extender atau wireless repeater.
2. Belum termasuk biaya tarikan kabel UTP atau kabel LAN atau kabel jaringan
3. Sudah termasuk biaya transportasi ke lokasi pelanggan untuk setiap kunjungan

Biaya diatas belum termasuk PPN 10%.

Akses pada lokasi Pelanggan
Pelanggan memberikan izin kepada pihak Turbo Internet untuk memasuki wilayah dalam penguasaan Pelanggan untuk melakukan instalasi, aktivasi, konfigurasi atau pemeliharaan layanan pada saat yang telah disepakati oleh Pelanggan.
Pelanggan juga memberikan izin kepada pihak Turbo Internet untuk memasuki wilayah dalam penguasaan Pelanggan untuk melakukan pencabutan perangkat milik Turbo Internet apabila Pelanggan tidak melunasi tunggakan tagihan dari Turbo Internet.

Mekanisme Penggunaan Layanan

Pelanggan tidak diperkenankan atau dilarang untuk menjual, memanfaatkan atau membagi kembali baik secara keseluruhan atau sebagian layanan Turbo Internet untuk keperluan Pihak lain atau pihak pihak lain selain pada lokasi pemasangan tersebut. Larangan membagi layanan ini juga berlaku apabila dilakukan pada lokasi lain meskipun lokasi tersebut berada dalam penguasaan pelanggan sesuai dengan lokasi yang terdaftar pada Formulir Berlangganan baik dalam bentuk cetak ataupun non cetak / situs resmi Turbo Internet.

Apabila pelanggan membutuhkan layanan Turbo Internet pada lokasi lain, pelanggan wajib melakukan pendaftaran baru dengan alamat pemasangan yang berbeda.

Apabila pihak Turbo Internet mendapati atau menemukan adanya antenna internet (apapun bentuk antennanya) selain milik Turbo Internet pada lokasi Pelanggan tersebut maka Pelanggan telah sepakat dan telah memberikan wewenang penuh tanpa meminta ganti rugi dalam bentuk apapun termasuk meminta uang kembali kepada pihak Turbo Internet dan pihak Turbo Internet akan segera menghentikan layanan pada lokasi tersebut.

Pelanggan juga telah sepakat dan memberikan kesempatan secara penuh kepada pihak Turbo Internet untuk dapat melakukan pengambilan perangkat – perangkat milik Turbo Internet.

Pihak Turbo Internet akan memproses secara hukum apabila Pelanggan mempersulit pihak Turbo Internet untuk mengambil perangkat-perangkat milik Turbo Internet yang telah terpasang pada lokasi Pelanggan.

Ketentuan Penggunaan & Cara Pembayaran
Pelanggan menyatakan bersedia dikenakan biaya layanan ditambah biaya Instalasi ditambah biaya-biaya lainnya yang sudah disetujui Pelanggan dan ditambah PPN 10% yang dibayarkan dimuka dilakukan hanya secara transfer ke rekening Bank BCA atas nama PT. Artorius Telemetri Sentosa pada nomor rekening 36 388 55 188 dengan jumlah transfer sesuai tagihan Turbo Internet.

Untuk mempermudah cara pembayaran, Turbo Internet telah bekerjasama dengan pihak Bank BCA untuk menyediakan layanan Virtual Account bagi seluruh pelanggan Turbo Internet. Pelanggan berhak untuk mendapatkan pinjaman perangkat sesuai dengan ketentuan produk layanan Turbo Internet pada saat itu. Pelanggan mengetahui dan menyetujui apabila dikemudian hari Turbo Internet melakukan perubahan ketentuan pada produk layanan.

Tanggung Jawab Pelanggan
Pelanggan bertanggung jawab untuk menyiapkan perangkat dan sarana lain yang diperlukan  agar proses layanan ini dapat berjalan dengan baik. Pelanggan menyatakan bertanggung jawab atas perangkat yang dipinjam-pakaikan dan akan mengganti kerugian atas kerusakan perangkat akibat kelalaian Pelanggan dengan tata cara penggantian ganti rugi seperti yang sudah dijelaskan diatas.
Pelanggan mengetahui bahwa Turbo Internet tidak bertanggung jawab terhadap komputer atau smartphone  (telpon pintar) atau perangkat lain milik Pelanggan apabila terserang virus, malware dan atau gangguan lain baik secara software maupun hardware lainnya.
Pelanggan mengetahui bahwa Turbo Internet tidak bertanggung jawab terhadap mutu signal wifi pada lokasi alamat pemasangan layanan dan Pelanggan mengetahui bahwa Turbo Internet hanya bertanggung jawab terhadap mutu layanan sampai ke perangkat atau perangkat-perangkat yang dipinjamkan oleh Turbo Internet. Mutu koneksi jaringan wifi lokal atau performa atau kinerja perangkat milik Pelanggan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pelanggan.
Pelanggan mengetahui bahwa Turbo Internet hanya bertanggung jawab terhadap mutu layanan atau koneksi terbatas sampai pada perangkat milik Turbo Internet. Pelanggan juga telah memahami bahwa Turbo Internet tidak bertanggung jawab pada koneksi terhadap perangkat perangkat milik pelanggan dan atau yang berada di dalam Local Area Network atau jaringan lokal milik Pelanggan

Perluasan Cakupan Signal WIFI Pada Lokasi Pelanggan
Apabila Pelanggan membutuhkan cakupan area wifi di lokasi pemasangan agar lebih luas dan atau signal yang lebih kuat maka pihak Turbo Internet hanya dapat memberikan saran mengenai perangkat yang perlu diadakan. Pengadaan perangkat untuk keperluan tersebut diatas dilakukan sepenuhnya oleh Pelanggan dengan seluruh biaya ditanggung oleh Pelanggan. Pelanggan bertanggung jawab secara penuh terhadap setiap unit perangkat milik Turbo Internet yang dipinjam oleh Pelanggan.

Perangkat Milik Turbo Internet
Pelanggan menyetujui untuk melakukan penggantian perangkat atau perangkat-perangkat Indoor Wireless Router dan Outdoor Wireless Device dengan kerusakan yang disebabkan oleh yaitu: tersiram cairan, termasuk air, lonjakan listrik, sengatan petir, hama tikus, perangkat pecah total atau pecah secara sebagian serta bentuk kerusakan fisik lainnya.

Pelanggan menyetujui untuk turut menjaga, tidak merusak atau tidak mengganti atau merubah atau membuka atau merusak stiker segel pada setiap perangkat milik Turbo Internet. Apabila terjadi kerusakan atau penggantian atau perubahan pada stiker segel tersebut maka Pelanggan bersedia untuk melakukan ganti rugi sesuai dengan nama barang dengan nilai ganti rugi sesuai yang tertera pada Tabel Ganti Rugi Perangkat.

Pelanggan juga menyetujui untuk tidak melakukan perubahan konfigurasi pada perangkat-perangkat milik Turbo Internet. Apabila terjadi perubahan konfigurasi pada perangkat atau perangkat-perangkat yang berakibat terganggunya layanan maka Pelanggan menyetujui untuk membayar biaya konfigurasi ulang sesuai yang tertera pada Tabel Biaya Kunjungan diatas.
Apabila terjadi kerusakan pada perangkat atau perangkat-perangkat tersebut maka Pelanggan bersedia untuk bertanggung jawab yaitu hanya dengan cara melakukan ganti rugi biaya perangkat sesuai dengan rincian pada Tabel Biaya Ganti Rugi Perangkat.

Nama Tabel: Biaya Ganti Rugi Perangkat


Pembayaran Ganti Rugi dan Force Majeur
Pembayaran biaya ganti rugi perangkat kami anggap lunas apabila dilakukan secara transfer ke rekening Bank BCA atas nama PT. Artorius Telemetri Sentosa dengan nomor rekening 36 388 55 188 dengan jumlah transfer sesuai dengan biaya perangkat yang rusak.
Namun apabila kerusakan tersebut disebabkan oleh faktor yang termasuk kondisi force majeur maka Turbo Internet tidak akan meminta ganti rugi.
Pelanggan dan Turbo Internet sepakat bahwa kondisi force majeur yaitu: peperangan, kerusuhan, revolusi, bencana alam, pemogokan, dan kebakaran.

Cakupan Layanan Turbo Internet
Untuk informasi lengkap mengenai area yang dapat dilayani, silahkan mengunjungi Coverage Turbo Internet

Penjadwalan Instalasi
Pelanggan mengetahui dan menyetujui bahwa proses instalasi sampai dengan layanan bisa digunakan membutuhkan waktu maksimal 14  (empat belas) hari setelah penjadwalan oleh pihak Turbo Internet.

Mekanisme Pembayaran
Untuk pembayaran menggunakan kartu kredit, Pelanggan menyatakan memberi otorisasi pada Turbo Internet untuk mengenakan pembayaran sesuai tipe layanan yang Pelanggan pilih. Sesuai dengan Hukum Perdata Indonesia pasal 1814, otorisasi debit dinyatakan sah hingga Pelanggan telah menyelesaikan seluruh pembayaran ke Turbo Internet dan atau berhenti berlangganan layanan. Pembayaran dimuka yang telah dilakukan Pelanggan tidak dapat dikembalikan atau diuangkan dengan alasan apapun.

Informasi Umum
Keseluruhan Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada ketentuan hukum yang berlaku di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pelanggan dan Turbo Internet sepakat untuk mengadakan kerjasama pemenuhan kebutuhan layanan koneksi internet ini dengan niat baik dan tanpa paksaan dari pihak manapun. Turbo Internet dan Pelanggan juga sepakat untuk tidak mengindahkan aturan atau peraturan selain yang dikeluarkan oleh otoritas resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Bilamana ada gangguan dari pihak ketiga maka Turbo Internet dan Pelanggan sepakat untuk menyelesaikan secara bersama-sama.

Apabila ada perselisihan antara Turbo Internet dan Pelanggan terkait dengan Syarat dan Ketentuan, akan diutamakan penyelesaian melalui musyawarah untuk mufakat. Apabila tidak tercapai kata mufakat maka Turbo Internet berhak untuk mengajukan tuntutan atau gugatan melalui Pengadilan Negeri Surabaya.

Turbo Internet dan Pelanggan sepakat untuk mengesampingkan ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang undang Hukum Perdata Indonesia, sehingga atas setiap penghentian layanan ini bersifat final berdasarkan permohonan tertulis dari pihak yang melakukan penghentian layanan sesuai dengan Syarat dan Ketentuan layanan ini.

Bilamana dalam menjalankan kewajiban yang tertera dalam Keseluruhan Syarat dan Ketentuan ini tidak dapat terlaksana, terhambat atau terganggu oleh sebab, akibat atau kondisi yang berada diluar kendali (force majeure), Turbo Internet akan memberitahukan keadaan tersebut secepatnya kepada Pelanggan dan dapat dibebaskan dari seluruh atau sebagian kewajiban yang harus dilakukan, sepanjang hal tersebut diakibatkan oleh hambatan atau gangguan tersebut. Dalam masa tidak terlaksananya kewajiban tersebut, seluruh biaya dan tagihan yang berkaitan dengan layanan yang diberikan dapat ditangguhkan.

Syarat dan Ketentuan layanan dapat berubah sewaktu-waktu dan akan diinformasikan oleh Turbo Internet melalui situs resmi Turbo Internet di http://turbo.net.id.